Dalam ritual adat kebo – keboan desa alas malang di tahun 2016 ini BPR Bagong berpartisipasi untuk mensuport dan memeriahkan kegiatan yang di selenggarakan oleh Lembaga Adat Kebo – Keboan Desa Alas Malang Banyuwangi.

Adapun sejarah adanya Kebo-Keboan itu konon satu Desa Alasmalang dilanda wabah penyakit, lalu Buyut Karti mendapat wangsit untuk menggelar selamatan bersih desa. Selain juga adanya “petunjuk” menggelar adat kebo-keboan, dimana petani menjelma menjadi kerbau,” kata Indra Gunawan, ketua penyelenggara kegiatan tersebut.

Acara diawali dengan syukuran dan makan bersama di persimpangan jalan desa. Selanjutnya, dipimpin seorang tokoh adat setempat, 30 manusia kerbau diarak mengelilingi empat penjuru desa dengan iringan musik khas Suku Using. Prosesi ini disebut Ider Bumi.

Ribuan masyarakat Banyuwangi memadati Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. Mereka ingin melihat langsung ritual yang berumur sekitar 300 tahun, yakni ritual adat “Kebo-Keboan”. Tradisi unik yang selalu digelar setiap awal Bulan Suro penanggalan Jawa ini, merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

Write a comment